Healthy Living, Workout

Miliki Perut Rata dan Ramping dengan 5 cara mudah ini

naomifrancess-20160208-0216

1. Selfie sekarang

Selfie tidak selalu tentang pencitraan diri atau sekedar gaya- gaya an, Ada baiknya untuk selfie, alias foto diri. Fotolah seada-adanya dirimu, jangan gunakan editan, seperti diperbesar atau dikecilkan (liquify)

Be yourself, because everyone else is already taken

ini penting untuk melihat progres dari bentuk badan kamu, dan memotivasi kamu dari setiap perubahan yang terjadi dan untuk semakin lebih giat lagi melakukan perubahan. Lakukanlah secara berkala.

2. Berdamai dengan timbangan dan meteran

Jangan uring-uringan dengan digit atau jarum timbangan yang ga bergerak menurun, kamu dan timbangan tidak pernah memiliki masalah sebelumnya, jadi jangan musuhi mereka. Haha…

Karena Belum tentu tidak ada perubahan dari semua latihan yang kamu lakukan, Tubuh kita terdiri dari lemak, otot, tulang, air, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui detail perubahannya kamu bisa mengukurnya dengan Tanita Body Composition Analyzer. Salah satu alat ukur untuk mengetahui seberapa idealnya tubuhmu berdasarkan tinggi, berat badan dan usia biologismu. Dengan alat ini kamu dapat mengetahui masa lemak, masa otot, masa tulang, usia metabolisme, BMI, dan kandungan air di dalam tubuhmu. Gunakan alat-alat semacam ini sebagai ukuran kerja keras kamu, walaupun tidak menjadi patokan dari keindahan bentuk tubuhmu.

3. Minuman pendukung Perut Rata dan Ramping

Banyak dari kita hanya menjaga jumlah dan jenis asupan makanan yang kita konsumsi dan lupa memperhatikan minumannya. Berikut minuman-minuman yang dapat kamu konsumsi untuk mendapatkan perut rata dan ramping :

  a. Air Putih

Air adalah kebutuhan, tetapi perannya sangat penting untuk tubuh kita. Ketika minum, kamu membantu tubuh mempertahankan keseimbangan cairan, menghentikan retensi air (penyebab utama perut buncit), dan merasa kenyang sehingga kamu tidak terlalu ingin makan. Air juga memecah lemak menjadi energi dan mengangkut nutrisi ke otot untuk memelihara metabolisme.

 b.  Infuse Water

Buat kamu yang menyukai buah atau tidak terlalu suka dengan air putih saja, kamu dapat menambahkan variasinya dengan irisan lemon, jeruk, atau mentimun ke dalam air putih untuk memberi sedikit rasa.

  c. Teh Hijau

Di antara sekian banyak manfaatnya, teh hijau juga dikatakan dapat membantu mengurangi lemak perut berkat kandungan antioksidannya yang disebut katekina. Agar manfaat pembakaran lemaknya lebih maksimal

  d. Teh Peppermint

Banyak restoran menawarkan permen peppermint setelah makan bukan tanpa alasan, itu karena peppermint membantu proses pencernaan. Seduhlah teh peppermint atau tambahkan daun peppermint ke dalam air panas

  e. Smoothie

Smoothie adalah pilihan enak untuk menjaga hidrasi tubuh dan mendukung upaya meratakan perut. Macam-macam smoothie dan manfaatnya masing-masing akan saya bahas di artikel terpisah.

4. Makan dengan benar

  a. Makan lebih sering dan jangan makan terlalu cepat

Daripada makan tiga kali sehari dalam porsi besar sehingga perut penuh dan membebani sistem pencernaan, makanlah porsi yang lebih kecil namun sering, atau tambah dengan camilan. Makanlah dua hingga tiga jam sekali. Dengan cara makan tersebut perut tidak penuh, tidak melar, tetap kenyang, dan metabolisme tetap lancar, dan jangan makan terlalu cepat, agar nikmatnya rasa makanan tidak terlewatkan 🙂

  b. Kurangi makanan berserat tinggi.

Banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi, seperti brokoli, kacang-kacangan, kubis, dan kembang kol menyebabkan gas dan kembung. kamu dapat menyesuaikan pola makan agar kebutuhan serat terpenuhi dan perut tetap rata. Lawan makanan yang memproduksi gas dengan enzim yang membantu memecah gula kompleks yang terkandung dalam kacang-kacangan dan sayuran famili kubis supaya lebih mudah dicerna.

  c. Makan sayur dan buah

Konsumsilah dalam jumlah yang sesuai

  d. Konsumsi produk makanan rendah laktosa

Sebagian dari kita mungkin sulit mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam produk susu. yang menyebabkan gas yang tidak nyaman dan kembung, Cobalah memilih produk rendah laktosa seperti yoghurt

  e. Makanan kaya kalium

Makanan tinggi kalium di antaranya adalah alpukat, pisang, pepaya, mangga, blewah, dan yoghurt tanpa lemak (dibuat tanpa pemanis buatan). Kalium adalah diuretik alami sehingga akan membantu mengurangi retensi urin dan kembung

5. Olahraga secara teratur!

Tidak ada hasil yang tidak melalui proses. Saya tidak menyarankan cara-cara instan untuk memperoleh perut rata dan ramping. Lupakan obat diet, teh peramping, obat pencahar, apalagi operasi.  Berikut olahraga yang dapat mambuat perut rata dan ramping :

  a. Cardio

Tidak ada yang mengalahkan latihan aerobika dalam perang melawan perut buncit. Olahraga aerobika adalah cara paling efektif untuk membakar lemak perut dan bahwa olahraga aerobika membakar kalori 67% lebih banyak daripada olahraga ketahanan atau program yang mengombinaskan cardio dan ketahanan.

  b. Crunch

Tidak pernah ada kesepakatan di antara para pelatih kebugaran tentang apakah crunch adalah cara terbaik untuk meratakan perut, tetapi tidak ada yang membantah bahwa crunch melatih otot di depan dan sisi abdomen

  c. Pilates

Gerakan neck pull dan side twist bila dilakukan secara rutin maka kamu akan dapat mengencangkan dan meratakan perut buncit kamu.

  d. Yoga

Olahraga yang satu ini selain dapat menenangkan pikiran dapat juga membantu membuat perutmu menjadi ramping, diantaranya gerakan-gerakan seperti Padahasana, Naukasana, Pavanamuktasana, Uttanpadasana


Gerakan dari latihan-latihan diatas akan saya jelaskan di artikel terpisah. Mulailah dengan niat dan kesadaran bahwa kesehatan penting bagi diri kita masing-masing. Jangan biarkan keraguan menghalangi kamu. Perut rata tidak saja bagus secara fisik, tetapi juga baik untuk kesehatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s