Food Travelogue, Healthy Food

Energy Boost, dengan Oatmeal ala resto bikinan sendiri (tanpa bikin gendut)

Oatmeal, makanan yang mudah dan cepat penyajiannya ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan sehat yang dipercaya kaya manfaat dan mengenyangkan, tanpa kuatir membuat berat badan kamu bertambah. Selain memiliki kandungan protein dan zat besi, Oatmeal juga mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat baik dan menyehatkan untuk tubuh dan kulit. Sangat cocok buat kamu yang ingin mengurangi berat badan tanpa harus sengsara kelaparan. Makanan yang sangat mudah pengolahannya ini juga bermanfaat mengurangi kolesterol, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Namun, mengkonsumsi oatmeal bisa sangat membosankan karena rasanya yang flat, apalagi bila dikonsumsi tanpa topping atau dengan topping yang itu-itu saja. Makanan yang cocok buat sarapan ataupun overnight meal ini bisa kamu sajikan dengan variasi-variasi enak dan mengasyikan seperti berikut :

  1. Oatmeal Telur Ceplok

IMG_20160418_220915_107

Oatmeal tidak selalu dikonsumsi dengan rasa manis, variasi yang gurih ini bisa bikin sarapan kamu lebih menyenangkan dan mengenyangkan.

Bahan – bahannya : quick cooking oats, air, telur ayam kampung, garam, merica, daun bawang, dan keju (optional)

Cara Membuatnya : masak oats, air, garam dan merica dalam panci dengan api kecil sambil diaduk2 atau masukkan ke dalam microwave, sampai oats menjadi lembut seperti bubur (dengan tingkat kelembutan yang disukai), lalu goreng telur ayam dan beri garam secukupnya. Sajikan dengan taburan keju dan daun bawang (bila suka)

  1. Peach Oatmeal

IMG_20160418_220954_939

Rasa Peach yang manis asam bisa memberi sensasi tersendiri buat oatmeal kamu.

Bahan-bahannya : quick cooking oats, susu almond atau susu low-fat, air, bubuk kayu manis (optional), vanilla, buah peach

Cara Membuatnya : masak oats, air, dan bubuk kayu manis dalam panci dengan api kecil sambil diaduk2 atau masukkan ke dalam microwave, sampai oats menjadi lembut seperti bubur (dengan tingkat kelembutan yang disukai), Sajikan dengan potongan buah peach dan susu

  1. Blueberries and Cream Oatmeal

IMG_20160418_221116_590

Bahan-bahannya : oats, air, susu almond atau susu low-fat, garam, gula, kayu manis, blueberry, tepung kanji, jeruk lemon, whipping cream (optional)

Cara membuat bluberry syrup : campurkan gula (sesuaikan kadar rasa manis yang diinginkan), tepung kanji (sedikit saja), air dingin/air es, fresh bluberry yang dibekukan (frozen) dan air jeruk lemon

Cara Membuat Oatmeal : masak oats, air, dan bubuk kayu manis dalam panci dengan api kecil sambil diaduk2 atau masukkan ke dalam microwave, sampai oats menjadi lembut seperti bubur (dengan tingkat kelembutan yang disukai), Sajikan dengan syrup bluberry dan buah bluberry segar, dapat juga ditambahkan whipping cream (bila suka)

  1. Kolak Oatmeal

IMG_20160418_221045_232

Bahan-bahannya : oats, susu almond atau susu low-fat, pisang, bubuk, kayu manis, gula merah, mentega/butter, dan madu

Cara membuatnya :  masak oats dan air, dan susu dalam panci dengan api kecil sambil diaduk2, sampai oats menjadi lembut seperti bubur (dengan tingkat kelembutan yang disukai). Selama oat dimasak. Cairkan butter/mentega, campur gula merah, madu, bubuk kayu manis, dan pisang dalam pan panas, masak hingga pisang menjadi lembut. Sajikan.

Happiness is Homemade

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s